Cara Cek Transaksi Ethereum - RECEHCOIN

Rabu, 25 November 2020

Cara Cek Transaksi Ethereum

Pembayaran jual beli online terutama barang digital bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Paypal, Kartu Kredit, Transfer Bank dan dompet digital seperti Ovo, GoPay serta LinkAja bisa dijadikan sebagai alternatif pembayaran.

Namun bila kamu ingin transaksi di deep web, ada salah satu alat pembayaran yang lazim digunakan yakni menggunakan cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, XRP ataupun Crypto lainnya. 

Bila kamu masih pemula dan baru pertama kali melakukan transaksi pembayaran pakai Ethereum, tentu saja akan sedikit bertanya bagaimana sih cara cek transaksi Ethereum, apakah sudah berhasil atau belum? 

Untuk melakukan perubahan apa pun pada blockchain Ethereum, transaksi harus dikirim. Transaksi adalah pesan yang ditandatangani secara kriptografis yang menentukan perubahan apa yang harus dibuat, dan dikirim ke node mana pun di jaringan. 

Berdasarkan aturan konsensus Ethereum, jaringan kemudian setuju bahwa transaksi itu valid, dan itu termasuk dalam blok yang ditambahkan ke blockchain.

Itulah kenapa dalam setiap transaksi baik kirim atau menerima Ethereum akan selalu ada yang namanya Transaction Hash (Txn Hash). Nah, Txn Hash inilah yang bisa dijadikan sebagai alat atau cek transaksi Ethereum. 

Pada Transaction Hash (Txn Hash) akan tertera apakah status transaksi tersebut pending, sukses atau gagal. Juga tertera dengan jelas Penerima dan Pengirim Ethereum tersebut. 

Apabila kamu sebagai sender atau pengirim Eth, maka berikan Transaction Hash (Txn Hash) kepada penerima agar mereka bisa mengecek sendiri di Ethereum Explorer seperti Etherscan. Sedangkan bila kamu sebagai penerima, maka mintalah data Transaction Hash (Txn Hash) agar kita bisa cek apakah benar sudah terjadi transaksi atau belum.

Setelah mendapatkan Transaction Hash (Txn Hash), silahkan akses Etherscan.io lalu paste Transaction Hash (Txn Hash) pada kolom pencarian.

tempat cek transaksi ethereum


Selanjutnya kamu bisa melihat Status Transaksi. Dalam contoh dibawah statusnya adalah Sukses yang menandakan bahwa ethereum sudah berhasil dikirim. Kamu juga bisa melihat alamat Ethereum penerima dan pengirim, berikut jumlah yang dikirimkan.

cara cek transaksi ethereum


Bila kamu sebagai penerima, pastikan pada bagian To (penerima) sudah tertera alamat Ethereum milik kamu. 

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk cek transaksi Ethereum di Etherscan?


Share with your friends